MAHASISWA STAI JAMIATUT TARBIYAH DILATIH MENULIS KARYA TULIS ILMIAH

Lhoksukon, 02 Desember 2021. Dalam rangka meningkatkan kualitas penulisan karya tulis ilmiah bagi mahasiswa, Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Jamiatut Tarbiyah Lhoksukon Aceh Utara melangsungkan pelatihan Pada Kamis (02/12/2021) Pelatihan ini diikuti oleh seluruh mahasiswa mulai dari tingkat semester lima hingga semester akhir yang akan melakukan tugas akhir proposal dan skripsi. Dengan tajuk “Mewujudkan Mahasiswa Kreatif dan Inspiratif dengan Terampil Menulis (KTI)

Mengawali kegiatan, Wakil Ketua III Bidang Kemahasiswaan, Saifuddin Arsyen, M.Kom.I. Dalam sambutan pembukaannya, menyampaikan kegiatan ini hadir untuk meningkatkan pemahaman sekaligus mempersiapkan para mahasiswa dalam menghasilkan karya ilmiah berkualitas. Selain itu, juga menambah pengalaman menulis bagi mereka yang bermanfaat dalam proses penyelesaian tugas akhir pungkasnya.

Hadir sebagai narasumber adalah Mahdi Idris. M.Sos yang merupakan penulis ternama di Aceh, beliau merupakan Alumni dan juga aktif sebagai tenaga pengajar di STAI Jamitar Lhoksukon.  yang membahas tiga hal utama yakni: 1) Mekanisme bagi pemula dalam menulis karya ilmiah, 2) Perbedaan penelitian penulisan sains dan teknologi dan 3) Cara-cara dalam meningkatkan kualitas penulisan tingkat jurnal, maupun tulisan-tulisan media berbasis online.

Mahdi Idris memaparkan Sebelum memulai penelitian, hal utama yang harus dilakukan adalah menemukan atau menentukan ide maupun fokus penelitian dengan cara mengasah dan banyak membaca serta melihat fenomena yang terjadi dalam masyarakat. Tidak hanya itu, perlu dipikirkan juga langkah yang dilakukan agar proses penelitian terarah dan mencapai tujuan yang ingin dicapai,” jelas Mahdi. (Ibnsyarif)