Dosen Binaan Kopertais Wilayah V Aceh tersertifikasi 2018 mengikuti Kegiatan Sosialisasi Penyusunan BKD di Kampus STAI Jamiatut Tarbiyah Lhoksukon

Tim dari KOPERTAIS sedang menjelaskan mekanisme pengisian BKD

Kopertais Wilayah V Aceh melaksanakan kegiatan Sosialiasi Penyusunan Laporan Beban Kinerja Dosen (BKD) Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Swasta (PTKIS).

Kegiatan ini berlangsung di Aula Kampus Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Jamiatut Tarbiyah Lhoksukon Aceh Utara pada tanggal 24 April 2019.

Dalam sosialiasi kali ini hanya diikuti oleh dosen dari tiga PTKIS untuk wilayah timur yaitu STAI Jamiatut Tarbiyah, STIT Darussalam Lhokseumawe dan STIT Bustanul Arifin Bener Meriah, para peserta adalah para dosen yang dinyatakan lulus sertifikasi dosen Tahun 2018, dan sudah mengikuti tahapan proses serdos tahun 2018.

Kegiatan ini diharapkan mampu mencapai target utama dalam penyusunan BKD bagi seorang dosen agar mampu melaksanakan kewajibannya secara benar dan sesuai dengan pedoman BKD, karena hal ini merupakan dasar pemberian tunjangan serdosnya.

Acara ini dibuka oleh Wakil Koordinator Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Wilayah V Bapak M. Chalis., M.Ag. Dalam sambutan beliau menyampaikan bahwa seorang dosen yang baru lulus serdos tidak langsung serta merta mendapatkan tunjangan sertifikasinya, tetapi harus menunggu melalui tahapan proses berikutnya atau diberikan pada tahun berikutnya. Dan selain itu masih diperlukan beberapa persyaratan lain yaitu menyusun BKD, LKD dan lain lain. Apabila memenuhi dan sesuai dengan ketentuan yang berlaku khususnya bagi dosen yang melakukan kegiatan sesuai standard baru berhak untuk mendapatkan serdosnya.

Menurut beliau yang terpenting adalah dalam penyusunan BKD dosen itu harus jujur, obyektif, bertanggung jawab dan paham pedoman BKD. Dan terakhir dalam sambutannya Wakor Kopertais V Aceh menyampaikan kemungkinan permasalahan yang akan timbul bagi dosen baru / dosen muda yang berjabatan fungsional dosen Asisten Ahli adalah terkait dengan beban mengajarnya, oleh karena itu diingatkan bagi pimpinan PTKIS untuk tidak memberikan beban mengajar hanya 1 mata kuliah, tetapi berikanlah mereka sesuai dengan beban yang sewajarnya. (syarif)