S1 Pendidikan Agama Islam (PAI)
Visi
Mewujudkan Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) sebagai wadah dalam penyelenggaraan Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat serta menjadikan pelopor pembaharu dalam transformasi sosial.
Misi
-
- Menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran yang bermutu yang menghasilkan tenaga pendidik yang handal dan berkualitas dalam menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran.;
- Menyelenggarakan dan mengembangkan ilmu pengetahuan yang diarahkan pada pemenuhan kapasitas dan kebutuhan pendidikan pada jenjang strata satu (S1) yang menitik beratkan pada pengembangan penelitian kependidikan, agama guna mengantarkan mahasiswa pada wawasan keislaman yang sensistif analisis;
- Mempersiapkan sumber daya manusia yang mampu mengikuti perkembangan pendidikan, guna menjadikan diri sebagai agen perubahan dan transformasi Pendidikan Islam yang diselarasi oleh lingkungan dan kebutuhan masyarakat daerah dan nasional;
- Mengembangkan pengetahuan dasar yang dapat membawa mahasiswa menjadi pelopor sumber daya manusia yang memiliki wawasan global, berilmu dan bertaqwa dan sebagai pusat transformasi sosial yang sesuai dengan ajaran dan nilai-nilai syariat Islam.
Tujuan
-
-
- Menyiapkan sarjana muslim yang ahli dan handal dalam bidang Pendidikan Agama Islam, bermoral tinggi, berakhlak mulia, kompeten, beriman dan bertanggung jawab;
- Menyiapkan sarjana yang memiliki kapasitas dalam pengembangan ilmu dan penelitian dalam bidang Pendidikan Agama Islam;
- Menyiapkan lulusan yang mampu mengembangkan potensi diri dan mengembangkan ilmu pengatahuan serta teknologi yang berlandaskan Islam;
- Menyiapkan lulusan sebagai agen perubahan dan transformasi sosial yang selaras dengan nilai-nilai syariat Islam.
-
Kurikulum
Kurikulum Pendidikan Agama Islam disusun secara berkesinambungan dan berimbang antara mata kuliah dasar, mata kuliah lanjutan, dan mata kuliah keahlian secara periodik sesuai dengan renstra yang telah ada. Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) STAI Jamiatut Tarbiyah dalam menyusunkan kurikulumnya mengikuti sistem kredit semester dengan total angka kredit berkisar antara 145 – 152, dengan klasifikasi matakuliah yaitu Kelompok Matakuliah Wajib Lembaga (STAI) adalah kelompok bahan kajian dan matakuliah umum yang menyatakan terhadap kompetensi prodi dengan tujuan memberikan landasan dan penguasaan ilmu tertentu secara umum. Kemudian Kelompok Matakuliah Wajib Program Studi (TAR) adalah kelompok matakuliah yang memberikan pengetahuan dasar dan penguasaan ilmu tertentu yang berkaitan dengan program studi dan Kelompok Matakuliah pilihan (PAI) adalah kelompok matakuliah kajian dan pengetahuan pengembangan dengan memperhatikan nilai-nilai kearifan lokal berupa pengayaan. Untuk lengkapnya dapat dilhat daftar matakuliah pada lampiran berikut :
SMT |
NO |
KODE MK |
MATA KULIAH |
BOBOT |
I |
1 |
STAI_1101 |
Pendidikan Kewarganegaraan |
2 |
2 |
STAI_1102 |
Bahasa Arab I |
2 |
|
3 |
STAI_1103 |
Bahasa Inggris I |
2 |
|
4 |
TAR_1204 |
Metodelogi Studi Islam |
3 |
|
5 |
TAR_1205 |
Ulumul Qur’an |
2 |
|
6 |
TAR_1206 |
Ulumul Hadits |
3 |
|
7 |
TAR_1208 |
Ushul Fiqh I |
2 |
|
8 |
TAR_1207 |
Sejarah Peradaban Islam (SPI) |
2 |
|
9 |
PAI_101 |
Aplikasi Komputer |
2 |
|
10 |
TAR_1209 |
Metode Penulisan Karya Ilmiah |
2 |
|
|
|
|
|
|
II |
1 |
STAI_2101 |
Bahasa Arab II |
2 |
2 |
STAI_2102 |
Bahasa Inggris II |
2 |
|
3 |
STAI_2103 |
Bahasa Indonesia |
2 |
|
4 |
TAR_2204 |
Ilmu Kalam |
2 |
|
5 |
TAR_2205 |
Ilmu Tasawuf |
2 |
|
6 |
TAR_2206 |
Ilmu Tafsir |
2 |
|
7 |
TAR_2207 |
Ilmu Pendidikan |
3 |
|
8 |
TAR_2208 |
Ushul Fiqh II |
2 |
|
9 |
TAR_2209 |
Fiqh I |
2 |
|
10 |
PAI_203 |
Imlak/Khat |
2 |
|
|
|
|
|
|
III |
1 |
STAI_3101 |
Matematika Dasar |
2 |
2 |
STAI_3102 |
Ilmu Sosial dan Budaya Dasar |
2 |
|
3 |
TAR_3203 |
Tafsir I |
3 |
|
4 |
TAR_3204 |
Hadits I |
3 |
|
5 |
STAI_3205 |
Filsafat Ilmu |
2 |
|
6 |
TAR_3206 |
Psikologi Perkembangan |
2 |
|
7 |
TAR_3207 |
Strategi Pembelajaran |
2 |
|
8 |
TAR_3208 |
Sejarah Peradaban Islam Indonesia |
2 |
|
9 |
PAI_309 |
Qawaid Ushul Fiqhiyah |
3 |
|
|
|
|
|
|
IV |
1 |
STAI_4101 |
Metodelogi Penelitian |
3 |
2 |
TAR_4202 |
Perencanaan Pembelajaran |
3 |
|
3 |
TAR_4203 |
Filsafat Pendidikan Islam |
2 |
|
4 |
TAR_4204 |
Psikologi Pendidikan |
2 |
|
5 |
TAR_4205 |
Teknologi Pendidikan |
2 |
|
6 |
TAR_4206 |
Tafsir II |
3 |
|
7 |
TAR_4207 |
Hadits II |
3 |
|
8 |
TAR_4208 |
Fiqh II |
2 |
|
9 |
PAI_409 |
Metode Khusus Pembelajaran PAI |
2 |
|
|
|
|
|
|
V |
1 |
TAR_5201 |
Telaah dan Pengembangan Kurikulum |
3 |
2 |
TAR_5202 |
Teori Belajar dan Pembelajaran |
2 |
|
3 |
TAR_5203 |
Manajemen Pendidikan |
2 |
|
4 |
TAR_5204 |
Evaluasi Pembelajaran |
3 |
|
5 |
TAR_5305 |
Statistik Pendidikan |
2 |
|
6 |
PAI_506 |
Nagham Tajwid |
2 |
|
7 |
TAR_5207 |
Hadits III |
3 |
|
8 |
TAR_5208 |
Fiqh III |
2 |
|
9 |
TAR_5209 |
Pengantar Kebudayaan Islam Modern |
2 |
|
|
|
|
|
|
VI |
1 |
TAR_6201 |
Metodologi Penelitian Pendidikan |
2 |
2 |
TAR_6202 |
Micro Teaching |
2 |
|
3 |
TAR_6203 |
Pendidikan Aqidah |
2 |
|
4 |
TAR_6304 |
Pendidikan Akhlak |
2 |
|
5 |
TAR_6305 |
Praktek Ibadah |
3 |
|
6 |
TAR_6206 |
Sejarah dan Khazanah Pendidikan Islam |
3 |
|
7 |
STAI_6107 |
Tarikh Tasyrik |
2 |
|
8 |
PAI_608 |
Fiqh Muqarran |
2 |
|
9 |
TAR_6209 |
Bimbingan Konseling |
2 |
|
|
|
|
|
|
VII |
1 |
TAR_7201 |
PPL |
4 |
2 |
TAR_7202 |
Masail Fiqhiyah |
3 |
|
3 |
TAR_7203 |
Seminar PAI |
2 |
|
4 |
TAR_7204 |
Mazahibil Islamiah |
2 |
|
5 |
PAI_705 |
Studi Naskah PAI |
2 |
|
|
6 |
TAR_7206 |
Tasawuf Pendidikan |
2 |
|
|
|
|
|
VIII |
1 |
STAI_8101 |
Kuliah Pengabdian Masyarakat (KPM) |
4 |
2 |
STAI_8102 |
Skripsi |
6 |
|
|
152 |