S1 Manajemen Pendidikan Islam (MPI)
Visi
Menghasilkan sarjana pendidikan Islam yang profesional dalam bidang manajemen pendidikan Islam untuk terwujudnya keunggulan dalam pengembangan dan peningkatan mutu manajemen dan sumber daya manusia dalam lembaga pendidikan Islam.
Misi
- Mengembangkan pendidikan dalam agama Islam
- Menyelenggarakan pendidikan Tri Dharma Perguruan Tinggi bagi tercapainya produk-produk Program Studi yang mampu bersaing dalam mengaplikasikan ilmu dan teknologi dalam mengelola Lembaga Pendidikan Islam;
- Meningkatkan mutu manajemen dan proses pembelajaran di lembaga-lembaga pendidikan Islam.
- Menyiapkan Sarjana Pendidikan Islam yang memiliki kemampuan dalam menyerap ide-ide baru manajemen dan teknologi pendidikan untuk dikembangkan;
- Terwujudnya Sarjana Kependidikan Islam yang memiliki wawasan pengetahuan, ketrampilan nilai dan sikap dalam Manajemen Pendidikan Islam (MPI).
Tujuan
- Merealisir fungsi Fakultas Tarbiyah sebagai lembaga Kependidikan Islam;
- Mempersiapkan tenaga kependidikan Islam yang memiliki kemampuan manajerial dalam mengelola pendidikan persekolahan, madrasah dan pasantren;
- Mendidik dan melatih calon lulusan agar memilii wawasan yang luas sehingga mampu merespon perubahan pendidikan secara lokal, regional dan global;
- Menciptakan lulusan yang dapat berperan sebagai event organizer di sektor pendidikan persekolahan, madrasah dan pasantren, sehingga sekolah lebih kreatif dan inovatif dalam mencapai tujuan pendidikan;
- Mempersiapkan lulusan yang dapat mengelola pendidikan secara demokratis.
Kurikulum
Kurikulum Majemen Pendidikan Islam disusun secara berkesinambungan dan berimbang antara mata kuliah dasar, mata kuliah lanjutan, dan mata kuliah keahlian secara periodik sesuai dengan renstra yang telah ada. Program Studi Manajemen Pendidikan Islam (MPI) STAI Jamiatut Tarbiyah dalam menyusunkan kurikulumnya mengikuti sistem kredit semester dengan total angka kredit berkisar antara 145 – 152, dengan klasifikasi matakuliah yaitu Kelompok Matakuliah Wajib Lembaga (STAI) adalah kelompok bahan kajian dan matakuliah umum yang menyatakan terhadap kompetensi prodi dengan tujuan memberikan landasan dan penguasaan ilmu tertentu secara umum. Kemudian Kelompok Matakuliah Wajib Program Studi (TAR) adalah kelompok matakuliah yang memberikan pengetahuan dasar dan penguasaan ilmu tertentu yang berkaitan dengan program studi dan Kelompok Matakuliah pilihan (MPI) adalah kelompok matakuliah kajian dan pengetahuan pengembangan dengan memperhatikan nilai-nilai kearifan lokal berupa pengayaan. Untuk lengkapnya dapat dilhat daftar matakuliah pada lampiran berikut :
SMT |
NO |
KODE MK |
MATA KULIAH |
BOBOT |
I |
1 |
STAI-1101 |
Pendidikan Kewarganegaraan |
2 |
2 |
STAI-1102 |
Bahasa Arab I |
2 |
|
3 |
STAI-1103 |
Bahasa Inggris I |
2 |
|
4 |
TAR-1204 |
Ushul Fiqh I |
2 |
|
5 |
TAR-1205 |
Ulumul Quran |
2 |
|
6 |
TAR-1206 |
Ulumul Hadits |
3 |
|
7 |
TAR-1207 |
Metodologi Studi Islam |
3 |
|
8 |
STAI-1308 |
Metode Penulisan Karya Ilmiah |
2 |
|
9 |
STAI-1301 |
Sejarah Peradaban Islam |
3 |
|
10 |
MPI-101 |
Aplikasi Komputer |
2 |
|
|
|
|
|
|
II |
1 |
STAI-2101 |
Bahasa Arab II |
2 |
2 |
STAI-2102 |
Bahasa Inggris II |
2 |
|
3 |
STAI-2103 |
Bahasa Indonesia |
2 |
|
4 |
STAI-2204 |
Ilmu Kalam |
2 |
|
5 |
TAR-2205 |
Ilmu Tafsir |
2 |
|
6 |
TAR-2206 |
Fiqih |
2 |
|
7 |
TAR-2207 |
Hadist |
2 |
|
8 |
MPI-208 |
Teori Manajemen |
3 |
|
9 |
STAI-2109 |
Islam dan Manajemen |
2 |
|
10 |
TAR-2210 |
Psikologi Manajemen |
2 |
|
|
|
|
|
|
III |
1 |
MPI-301 |
Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) |
2 |
2 |
STAI-3102 |
Filsafat Ilmu |
2 |
|
3 |
TAR-3103 |
Ilmu Sosial dan Budaya Dasar |
2 |
|
4 |
TAR-3304 |
Statistik Pendidikan |
2 |
|
5 |
TAR-3205 |
Supervisi Pendidikan I |
2 |
|
6 |
TAR-3206 |
Ilmu Pendidikan I |
2 |
|
7 |
TAR-3207 |
Manajemen Lembaga Pendidikan Islam |
2 |
|
8 |
STAI-3108 |
Manajemen Sarana/Prasarana Pendidikan |
2 |
|
9 |
TAR-3209 |
Manajemen Keuangan Pendidikan |
2 |
|
10 |
TAR-3310 |
Psikologi Pendidikan |
2 |
|
|
|
|
|
|
IV |
1 |
TAR-4201 |
Manajemen Organisasi |
2 |
2 |
TAR-4202 |
Evaluasi Pendidikan |
2 |
|
3 |
TAR-4203 |
Manajemen Kelas |
3 |
|
4 |
TAR-4204 |
Filsafat Pendidikan |
2 |
|
5 |
MPI-405 |
Sistem Informasi Manajemen |
2 |
|
6 |
TAR-4206 |
Manajemen Perkantoran |
2 |
|
7 |
TAR-4207 |
Ilmu Pendidikan II |
2 |
|
8 |
STAI-4108 |
Supervisi Pendidikan II |
2 |
|
9 |
TAR-4209 |
Komunikasi Organisasi |
2 |
|
10 |
TAR-4210 |
Bimbingan dan Konseling |
3 |
|
|
|
|
|
|
V |
1 |
TAR-5201 |
Metodelogi Penelitian |
2 |
2 |
STAI-5102 |
Strategi Belajar Mengajar |
2 |
|
3 |
MPI-503 |
Interpreneur |
2 |
|
4 |
TAR-5204 |
Manajemen SDM |
2 |
|
5 |
TAR-5205 |
Sosiologi Pendidikan |
2 |
|
6 |
TAR-5206 |
Manajemen Kurikulum |
3 |
|
7 |
TAR-5207 |
Strategi Pendidikan |
3 |
|
8 |
TAR-5208 |
Micro Teaching |
2 |
|
9 |
TAR-5209 |
Perencanaan Pendidikan |
2 |
|
10 |
TAR-5210 |
Evaluasi Program Pengajaran |
2 |
|
|
|
|
|
|
VI |
1 |
TAR-6201 |
Metodelogi Penelitian Pendidikan |
2 |
2 |
TAR-6202 |
Manajemen Strategi Pendidikan |
2 |
|
3 |
TAR-6303 |
Manajemen Mutu Terpadu |
2 |
|
4 |
TAR-6205 |
Kepemimpinan Pendidikan Islam |
3 |
|
5 |
TAR-6206 |
Pengembangan Kurikulum |
3 |
|
6 |
TAR-6207 |
Perkembangan Pendidikan Di Indonesia |
2 |
|
7 |
TAR-6208 |
Administrasi Perkantoran |
2 |
|
8 |
STAI-6209 |
Pendidikan Aqidah |
2 |
|
|
|
|
|
|
VII |
1 |
MPI-701 |
Seminar Manajemen Pendidikan |
3 |
2 |
MPI-702 |
Penelitian Tindakan Kelas |
3 |
|
3 |
TAR-7203 |
Dinamika Kelompok |
2 |
|
4 |
TAR-7204 |
Manajemen Perubahan |
2 |
|
5 |
TAR-7205 |
Manajemen Lintas Sektoral |
2 |
|
6 |
TAR-7206 |
Manajemen Pendidikan (PPL) |
4 |
|
|
|
|
|
|
VIII |
1 |
STAI-8102 |
Kuliah Pengabdian Masyarakat (KPM) |
4 |
2 |
STAI-8103 |
Skripsi |
6 |
|
Total SKS |
152 |