STAI JAMIATUT TARBIYAH WISUDA 125 MAHASISWA

Lhoksukon, 24 Maret 2021. Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Jamiatut Tarbiyah Lhoksukon Aceh Utara kembali melakukan wisuda angkatan ke IV pada Rabu 24 Maret 2021 dengan lulusan 125 orang, dari dua jurusan dan tiga Program Studi. Kegiatan wisuda yang berlangsung di Aula Gedung Hotel Lido Graha Kota Lhokseumawe dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Pembantu Ketua I bidang Akademik STAI Jamiatut Tarbiyah, Nuryaumin, S.Pd.I.,MA dalam laporannya mengatakan dari 125 orang yang diwisuda itu tercatat 63 wisudawan dan 62  wisudawati.

Lanjut Nuryaumin, sebenarnya proses pelakasanaan wisuda ke IV sempat dijadwalkan pada bulan November tahun 2020 lalu, namun terhenti dikarenakan suasana Covid- 19 yang melanda dunia termasuk di negara kita Indonesia, akhirnya diundurkan setelah melakukan koordinasi dengan satgas covid-19 Kab/Kota.

Adapun rincian peserta wisuda, terdiri dari dua Jurusan Syariah dan Tarbiyah dengan tiga Program Studi (Prodi) yaitu Prodi Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah) sebanyak 31 orang. Manajemen Pendidikan Islam (MPI) sebanyak 50 orang, dan Pendidikan Agama Islam (PAI) sebanyak 44 orang. Dari jumlah 125 wisudawan tersebut, sebanyak 9 orang lulusan memperoleh nilai terbaik (Cumlaude) dari dua Jurusan dan tiga Prodi.

Ketua STAI Jamiatut Tarbiyah, Fauzan,S.Pd.I.,M.A dalam pidato sambutannya menyampaikan. Terjadinya pandemi Covid-19 banyak mengubah bagaimana kita menjalani kehidupan ini, kondisi yang tidak pernah terbayangkan sebelumnya. Perkuliahan yang biasanya dilakukan secara tatap muka di ruang kelas diganti dengan pertemuan jarak jauh secara virtual dengan menggunakan media teknologi informasi. agar pencapaian dalam pendidikannya mencapai gelar sarjana S1, ucapan terima kasih dan penghargaan kepada seluruh dosen pengajar dan sivitas akademika atas kerja keras dan kerjasamanya terutama dalam melaksanakan tugas mendidik, membimbing dan melayani mahasiswa selama ini sehingga dapat menyelesaikan pendidikannya dan diwisuda pada hari ini, kontribusi orang tua dan lembaga mitra, dan bimbingan dari Kopertais Wilayah V Aceh sangat penting dalam memberikan motivasi kepada pihak lembaga selama mahasiswa menjalani proses pendidikan, saya menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya tutupnya.

Sementara Ketua Kopertais Wilayah V Aceh yang juga Rektor UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Prof.mDr. H. Warul Walidin, AK., MA. Dalam orasi ilmiah singkatnya Menyampaikan.  Mahasiswa STAI Jamiatut Tarbiyah Lhoksukon, tidak kalah hebat dengan mahasiswa yang menempuh pendidikan di Perguruan Swasta lainnya maupun Perguruan Tinggi Negeri yang ada di Aceh saat ini, khususnya Aceh Utara. Bahkan STAI Jamitar sudah banyak melahirkan alumni-alumni yang berkualitas dan siap bersaing di dunia nyata baik di bidang pendidikan bidang lainnya. Lanjut Prof Warul “Proses pendidikan baik negeri maupun swasta itu sama saja”. Bahkan STAI Jamitar dapat berdiri sendiri dan sukses mencetak mahasiswa yang berkualitas dan bermutu”, ucapnya. Keberadaan serta peranan kampus swasta sangatlah besar dalam mencetak generasi berkualitas salah satunya STAI Jamiatut Tarbiyah Lhoksukon dan sudah banyak melahirkan mahasiswa yang handal, tutupnya. (syarif)