MUHAMMAD AKBAR MAHASISWA BIDIK MISI STAI JAMITAR RAIH JUARA PADA LOMBA MTQ TINGKAT MAHASISWA SE-INDONESIA

|Lhoksukon|03 November 2020|Muhammad Akbar Juara Satu Da’i Muda Putra Tingkat Nasional| Mahasiswa Program Studi (Prodi) Pendidikan Agama Islam (PAI) Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Jamiatut Tarbiyah Lhoksukon, Muhammad Akbar berhasil memenangkan lomba pada Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) secara Virtual (Zoom) tingkat mahasiswa Se-Indonesia Tahun 2020, dalam rangka memperebutkan Piala Gubernur Kalimantan Selatan.

Kegiatan tersebut dilaksanakan oleh Universitas Islam Kalimantan (UNISKA) MAB Banjarmasin dan bekerjasama Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan. Kegiatan itu didukung oleh beberapa tokoh Pimpinan Provinsi Kalimantan Selatan antara lain; Gubernur Kalimantan Selatan H. Sahbirin Noor. MH, Rektor UNISKA Banjarmasin Prof. H. Abdul Malik. Ph.D, dan Kepala DISPORA Kalimantan Selatan. H. Hermansyah. MM. Dengan tema “Pemuda Bergerak Membangun Bangsa Melalui Nilai-Nilai Qur’ani”.

Adapun cabang kegiatan yang diperlombakan adalah dua cabang yaitu, Lomba Da’i Muda dan Tartil Qur’an.  Muhammad Akbar terpilih sebagai finaslis sepuluh besar dan berhasil meraih juara satu Da’i Muda Putra tingkat Nasional sekaligus juara favorit Da’i Muda Putra.  dari jumlah tiga ratus lebih para finalis mahasiswa se-Indonesia yang mengikutinya. Dengan rincian penghargaannya berupa uang Pembinaan dan Sertifikat, yang dimumumkan tepatnya pada hari Sumpah Pemuda Rabu 28 Oktober 2020.

Sedangkan proses kegiatannya, dilaksanakan dengan beberapa tahapan penyeleksian. Pertama para peserta mengirimkan isi pidatonya dalam berbentuk video selanjutnya diseleksikan oleh dewan juri dan kedua,  dibabak  Grand Final yang dilaksanakan pada Minggu 18 Oktober 2020 peserta tampil didepan dewan juri melalui virtual (Zoom).

Pada babak Grand Final ini, Muhammad Akbar sukses tampil dengan  maksimal didepan para dewan hakim dengan durasi waktu  selama tujuh sampai delapan menit,  dan Alhamdulillah  saudara Muhammad Akbar terpilih sebagai finalis sepuluh besar Da’i Muda tingkat Nasional. Dengan judul pidatonya, “Peran Pemuda Dan Keluarga Dalam Membentuk Generasi Yang Qurani Untuk Persatuan Bangsa”.

Mahasiswa asal Aceh ini Muhammad Akbar, merupakan anak ketujuh dari delapan bersaudara yang juga tercatat  sebagai siswa aktif dan berprestasi pada saat masih dibangku sekolah  SMP dan SMA. Sebelumnya ia juga mendapatkan juara satu Syarhil Qur’an tingkat Provinsi Aceh, pada awal menjadi mahasiswa yang diadakan di Kota Langsa Provinsi Aceh pada tahun 2018, dan juara dua Syarhil Qur’an tingkat Nasional di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta pada tahun 2019.

Muhammad Akbar dalam kesempatannya menyampaikan merasa sangat bersyukur atas harapannya dan sukses terpilih sebagai peserta terbaik dalam acara perlombaan bergensi tersebut. Ia juga ucapkan terimakasih kepada kedua orang tua, guru dan teman-teman, dan pimpinan STAI Jamitar Lhoksukon dan seluruh Civitas Akademika yang telah mendukung dan memberikan kepercayaan kepada dirinya, sehingga sukses mengikuti perlombaan. |syarif|